Tentang Yayasan

Profil Kami

Sambutan Ketua Yayasan
Al-Ikhwan Meruya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    



Puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta'ala, yang telah banyak melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kami, sehingga kami dapat mewujudkan impian dan memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan Islam khususnya sekolah formal Al-Azhar (KB/TK, SD dan SMP) dan Pendidikan non formal yakni Taman Pendidikan Qur’an(TPQ).

Pendidikan sebagai kunci dan bekal kita untuk kemajuan suatu bangsa. Tidak akan maju suatu bangsa jika rakyatnya berada dalam keterbelakangan pendidikan. Pendidikan yang kita perlukan adalah yang tidak hanya memperhatikan kemampuan akademis seseorang, tetapi pendidikan yang memperhatikan keseimbangan antara kemampuan akademis, karakter, enterpreneur, akhlakul kharimah, yang terbungkus dalam aturan-aturan Islami demi mewujudkan generasi bangsa yang Islami yang cerdas secara moral dan spiritual.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

(Ketua Yayasan Al-Ikhwan Meruya)

Sejarah kami

Sejarah Yayasan
Al-Ikhwan Meruya


Sejarah Kami


    Pada tahun 1981, Komplek Taman Meruya Ilir masih sangat sepi dan perumahan yang dibangun oleh developer juga masih sangat terbatas, namun pada akhir tahun 1982 perumahan yang dibangun kian bertambah banyak, pada saat itu umat islam belum mempunyai tempat ibadah, maka dengan perjuangan yang gigih dari bapak-bapak pengurus Komplek Taman Meruya Ilir, meminta para developer agar dibangunkan mushola yang terletak di atas tanah fasos / fasum yang berada di Blok I, Kembangan Jakarta Barat.

    Dengan adanya persyaratan administrasi berupa badan hukum tersebut, panitia mulai menyiapkan berbagai kelengkapan administrasi dan syarat lainnya untuk membentuk satu badan hukum berupa yayasan. Pada tanggal 16 Desember 1983 dibentuklah Yayasan Al-Ikhwan Meruya selanjutnya disebut (YAIM), pada saat itu masih disebut Yayasan Al-Ikhwan (YAI) dengan Akta Notaris Sita Susikto SH. Pada tahun 1984, Pemprov DKI Jakarta sanggup membangunkan sarana ibadah yang diminta umat, yaitu sebuah masjid yang diberi nama AL-IKHWAN yang terletak di Taman Meruya Ilir Blok F1.

    Pada tanggal 24 Mei 1985, masjid AL-IKHWAN diresmikan penggunaannya oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta H. Edy Nalapraya. Berangkat dari masjid seluas 540m2 yang telah berdiri di atas tanah seluas 2.610m2 dan telah diresmikan tersebut, maka Yayasan AL-IKHWAN Meruya telah diberi amanah untuk mengelola aset tersebut, sesuai dengan keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta nomor : 2402/2003, tanggal 18 Juli 2003 dan berita acara serah terima pinjam pakai nomor : 3764/007.73 tertanggal 11 Agustus 2003.


VISI & MISI KAMI

Visi Yayasan

Terwujudnya masyarakat yang berilmu beramal, bertaqwa kepada Allah SWT, cinta agama, bangsa dan negara.

Misi Yayasan

    • 1. Mewujudkan Syi’ar Islam.
    • 2. Membina dan mengembangkan pendidikan Islam dalam arti seluas luasnya.
    • 3. Membantu pemerintah dengan melaksanakan usaha yang bersifat sosial dan budaya.
    • 4. Menyelenggarakan lembaga pendidikan baik secara formal maupun non formal serta mendirikan sekolah-sekolah mulai taman kanak - kanak,  sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama, sekolah lanjutan tingkat atas sampai perguruan tinggi baik umum maupun agama.
    • 5. Menyelenggarakan pendidikan keterampilan untuk orang-orang yang tidak mampu.

    “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.“

    HR. Al-Hakim